Saturday, August 22, 2015

Meja dan Kursi Komputer yang Ergonomis Seusai Dengan IMK

Penggunaan Meja dan Kursi Komputer


Meja dan Kursi Komputer yang Ergonomis  

    Meja yang baik adalah meja komputer yang dilengkapi dengan alat sandaran kaki (foot rest)               dan bagian bawah meja memberikan ruang gerak bebas bagi kaki
.
          Kursi yang baik adalah kursi yang dapat dinaik-turunkan sesuai postur tubuh pemakai dan                   terdapat sandaran untuk tangan dan bagian belakang

Dampak Penggunaan Meja dan Kursi Komputer 

Kelelahan kerja akan cepat timbul bila meja dan kursi tidak memenuhi persyaratan kerja yang baik  (tidak  ergonomis).  Meja  komputer  yang  baik  adalah  meja  yang  dilengkapi dengan alat     sandaran kaki (foot rest) dan bawah meja memberikan ruang gerak bebas bagi kaki. Tinggi meja   komputer yang baik adalah sekitar 55 - 75 cm (disesuaikan dengan ukuran kursinya dan juga   disesuaikan dengan tinggi operatornya).

Kursi yang baik adalah kursi yang dapat mengikuti lekuk punggung dan sandarannya (backrest) serta tingginya dapat diatur. Tinggi kursi adalah sedemikian rupa, sehingga kaki operator tidak menggantung pada saat duduk. Kaki yang menggantung akan cepat menimbulkan kelelahan. Selain  itu, kursi operator komputer yang baik adalah kursi yang dilengkapi dengan 5 kaki dan diberi roda, sehingga tidak mudah jatuh dan mudah digerakkan ke segala arah. Hal ini penting agar operator dapat leluasa menggeliat / meregangkan tubuh dalam rangka mengurangi kelelahan.

  Kelelahan akan sangat berkurang bila meja dan kursi dapat diatur sedemikian rupa sehingga pada saat bekerja sudut antara tangan dan lengan membentuk sudut tumpul (lebih dari 90 derajat) sedangkan kaki dapat bersandar pada sandaran kaki serta kaki dapat leluasa bergerak di bawah meja.

  Yakinkan bahwa kursi yang dipakai memiliki bagian punggung yang bisa disesuaikan dan tempat lengan beristirahat. Bagian belakang sandaran kursi harus keras, tetapi berbantal empuk.


  Di bawah ini, gambar yang menunjukkan desain kursi dan meja komputer yang  ergonomis serta posisi duduk yang disarankan


No comments:

Post a Comment