Friday, November 6, 2015

contoh kriteria cara membuat poster ilmiah yang baik

POSTER

Poster adalah pengumuman berisi gambar dan tulisan yang ditempelkan pada dinding, tembok atau tempat-tempat umum yang strategis agar mudah dilihat dan diketahui banyak orang. Dalam pengertian yang lain. Biasanya sebuah poster berisi imbauan yang disertai gambar berwarna agar menarik orang untuk membacanya. 
Poster dibuat bertujuan untuk mengajak orang berpartisipasi memenuhi imbauan yang disampaikan dalam poster. Poster biasanya berukuran A3 atau A2. Oleh karena ukurannya yang terbatas, maka tema dalam poster tidak terlalu banyak 

Tujuan poster adalah untuk memberitahu, mengingatkan kembali dan mengarahkan pembaca ke arah tindakan tertentu.
Berdasarkan keperluannya. Jenis poster dibagi menjadi enam, yaitu poster kegiatan ilmiah, poster niaga, poster hiburan atau pertunjukan, poster semboyan suatu daerah.

CONTOH  POSTER  ILMIAH


Poster ilmiah digunakan sebagai media untuk menyampaikan hasil penelitian dalam konferensi ilmiah baik nasional maupun internasional.  Penyajian karya ilmiah sering kali lebih baik dalam bentuk poster, karena lebih efisien. Karya ilmiah yang dipresentasikan sering kali  menyajikan audiens dengan banyak hal yang tentunya dapat menjadi membosankan,  sedangkan poster, dapat dilihat kapan saja, ditempel dalam waktu yang cukup lama sehingga dapat sering dibaca dan dapat dilihat oleh orang-orang dengan bidang penelitian yang berbeda. 
Poster ilmiah harus dapat dibuat untuk menarik perhatian agar orang membacanya.  Pada poster ilmiah harus menyediakan summary yang ringkas dan menarik dari hasil penelitian kita, mudah dibaca, desain sederhana, serta menggunakan gambar-gambar atau diagram yang tepat dan atraktif. Untuk mendesain sebuah poster, diperlukan juga seni dari pembuat poster tersebut. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain poster adalah pemilihan warna background maupun tulisan, ukuran tulisan, lay out poster. Software yang dapat membantu untuk mendesain sebuah poster misalnya, Microsoft Power Point, Adobe Illustrator atau InDesign, Canvas, Publish-it, Corel Draw, LaTeX, dan lain-lain. 

No comments:

Post a Comment